Selasa, 23 Agustus 2011

UNIKNYA KACANG TUBAN

Tanaman yang satu ini selalu ditunggu petani Tuban karena sangat menguntungkan. Bagaimana tidak dengan luas tanah 1 ha dan hanya modal 5 juta rupiah selama 3 bulan menghasilkan 25 juta. Cara perawatannya pun sangat sederhana lebih rumit menanam padi atau jagung. Petani tinggal olah tanah, dikeringkan lalu ditanami dengan cara disebar, tidak usah dipupuk dan hanya diairi jika tanah kering. Panenpun tidak repot karena menjelang panen semua penebas dari berbagai daerah sudah banyak yang datang, tinggal negosiasi harga dan petani sudah dapat uang, biasanya tanaman yang bagus dihargai 25 juta sedang yang kurang bagus hanya dihargai 20 juta.
Ada hal yang unik dan sudah menjadi kebiasaan petani kacang Tuban, yaitu dalam menghitung masa tanam. Entah siapa yang memulai atau mungkin ini sudah menjadi kebiasan nenek moyang kita yang pandai menghitung alam jika menanam kacang harus berada di bulan JUNI, bahkan petani kacang Tuban mempunyai angka keramat yaitu 08 JUNI karena kacang yang ditanam pada tanggal tersebut hasilnya paling bagus, dan ini terbukti sejak dulu sampai sekarang.
Dari sebagian kecil petani ada juga yang berani tanam diluar bulan tersebut karena olah lahannya terlambat, dan hasilnya pun dapat ditebak, tidak sebagus pada bulan Juni bahkan kerdil dan banyak yang tidak tumbuh.
Demikian sedikit ilmu tentang cara tanam kacang Tuban, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MEMBERIKAN KOMENTAR PADA BLOG INI