Sabtu, 03 April 2010

TANAM PADI 01



Ada beberapa persyaratan supaya padi tumbuh baik dan menghasilkan gabah atau beras yang berkualitas. Persyaratan tersebut adalah :

1. Benih.
Benih merupakan persyaratan utama karena adalah kunci dari berhasilnya tanaman padi,
bagaimanapun perlakuan padi jika benih tidak berkualitas maka akan sia sia usaha kita
merawatnya.
cara cara memilih benih adalah sebagai berikut :
  • Pilih benih unggul yang berkualitas dan telah mendapatkan sertifikasi dari dinas pertanian (label ungu). Misal: Varietas Ciherang, IR64, Ciboga, Mekongga, dll.
  • Sebelum membeli lihat tanggal kadaluarsa. Pilih benih yang paling baru. Jangan segan-segan menanyakan kepada penjualnya label ulang atau masih baru.
  • Ketahanan benih terhadap hama dan penyakit, sesuai dengan karakter di wliayah masing masing.







.


2. Olah Lahan
Hal yang perlu diperhatikan supaya lahan dapat memberikan makanan pada tanaman padi adalah :
  • Lahan harus rata supaya mudah dalam pengaturan pengairan. jika lahan terlalu miring dapat disiasati dengan pembuatan teras, sehingga air dan unsur hara tidak mengalir ke tempat lain.
  • tanah harus gembur dan berlumpur supaya akar padi dapat bebas mencari makanan
  • pemberian unsur organik, kompos, kotoran ayam, Kambing atau menggunakan pupuk organik buatan pabrik. Akan lebih baik lagi jika membuat sendiri pupuk bokashi.
3. Pemupukan
Pupuk merupakan unsur makanan yang dibutuhkan tanaman padi yang tidak tersedia atau kurang di dalam tanah, jadi sebaiknya dosis pemupukan harus sesuai dengan rekomendasi dari dinas pertanian, karena jika kita berlebihan memberikan pupuk kimia, tanah akan menjadi kering dan rusak. Untuk itu sebaiknya gunakan pupuk organik lebih banyak dan menghemat pupuk kimia.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MEMBERIKAN KOMENTAR PADA BLOG INI