Kamis, 22 Juli 2010

TANAM JAGUNG

Pada saat musim kemarau setelah panen padi lahan saya keringkan, sambil mengeringkan tanah sawah saya mengumpulkan kotoran sapi dari para tetangga yang mempunyai ternak, harganya pun bervariasi, yang basah per zaknya Rp. 1000 dan yang kering Rp. 1500, kurang lebih 200 zak yang saya peroleh.

Setelah kotoran sapi saya dapat saya kelola menjadai pupuk bokashi, yang mana memakan waktu hampir satu bulan sampai bokashi jadi. mengenai pembuatan bokashi akan saya tulis di halaman berikutnya.

Setelah benar-benar kering tanah kami olah dengan cara di sengkal dengan traktor dan untuk lebih baiknya lagi tanah kami alang (disengkal dengan arah berlawanan) hal ini sangat mempengaruhi hasil panen karena tanah benar-benar kering dan banyak mengandung oksigen.

Selanjutnya sawah dengan luas 2 Ha kami tanami dengan benih jagung hibrida merek pxxxx. yang menghabiskan benih 40 Kg.


Pembuatan Pupuk Bokashi

Proses Olah Tanah

Penyulaman bibit setelah penanaman


Pemupukan pertama (sistem kocor )


Faktor paling utama keberhasilan tanaman jagung adalah pemilihan benih yang baik dan mengerti betul tentang karakteristik benih tersebut. Adakalanya tanaman jagung tahan terhadap kelebihan air dan ada yang tidak. Untuk itu di dalam melakukan pengairan harus benar-benar tepat. Pengairan yang baik adalah disaat tanah sudah kering dan sedikit merekah tetapi tanaman jangan sampai layu. Jika tanaman sampai layu jika diberi air maka tidak akan segar akan tetapi malah layu dan hal ini berlangsung sampai satu minggu, sehingga tanaman akan berhenti pertumbuhannya sampai tanaman tersebut benar-benar pulih. begitu juga sebaliknya jika kelebihan air maka tanaman akan layu (nglaras) dan daunnya akan kering dan akhirnya mati. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka petani harus pandai menghitung musim.

Setelah Jagung berumur 20 Hst.(Hari setelah tanam) maka yang perlu dilakukan adalah penyemprotann. Hama yang paling banyak menyerang selama ini adalah ulat. Hama ini sebenarnya tidak begitu mengganggu karena dampak yang ditimbulkan tidak banyak berpengaruh pada pertumbuhan. Akan tetapi jika dilakukan penyemprotan sekaligus pemberian pupuk daun maka pertumbuhan jagung akan lebih bagus lagi. Asalkan jika melakukan penyemprotan tidak lebih dari 20 hari karena pertumbuhan jagung sangat cepat sehingga akan menyulitkan penyemprotan karena sprayer tidak dapat menjangkau tanaman karena terlalu tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MEMBERIKAN KOMENTAR PADA BLOG INI